Standar Kompetensi Kelulusan SMPIT

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan di SMPIT Imam Asy Syafi’i diperlukan profil kualifikasi kemampuan lulusan yang dituangkan dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Standar Kompetensi Lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik yang harus dipenuhi pada suatu satuan dan jenjang pendidikan.

Standar Kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, serta ketarmpilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Atas dasar tujuan umum di atas, maka SMPIT Imam Asy Syafi’i menghendaki secara lebih khusus agar para lulusannya mempunyai kompetensi seperti dijelaskan berikut ini :

  1. Mempunyai aqidah yang benar, memahami nilai-nalai keislaman yan diajarkan dan mengamalkannya
  2. Berakhlaq mulia dan menujukkan sikap muamalah islami
  3. Lulus Ujian Nasional minimal dengan rata rata 6,00
  4. Hafal 3 juz al Qur’an
  5. Menguasai Bahasa Arab sesuai dengan jenjang pendidikannya
  6. Menguasai Bahasa Inggris sesuai dengan jenjang pendidikannya
  7. Menyadari SEBAGAI MAKHLUK ALLAH , maka kita perlu: IBADAH, JUJUR, DISIPLIN, KERJA KERAS DAN SEBAGAINYA.
  8. Menyadari AKAN POTENSI DIRI maka kita perlu: MEMILIH, memahami kelebihan dan kekurangannya, percaya diri
  9. Menyadari SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL, maka kita perlu: TOLERAN, SALING MENGHORMATI, GOTONG ROYONG, berkomunikasi secara efektif dan santun
  10. Menyadari SEBAGAI MAKHLUK LINGKUNGAN maka kita perlu: MEMELIHARA  DAN  MEMANFAATKAN LINGKUNGAN DENGAN ARIF dan beratnggungjawab.
  11. Mempunyai Kecakapan Berpikir Rasional: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan, memecahkan masalah, logis, kritis dan kreatif.
  12. Mempunyai Kecakapan Sosial, meliputi: Kecakapan  bekerjasama, menunjukkan tanggung jawab sosial, mengendalikan emosi, berinteraksi dalam budaya lokal dan global, berinteraksi dalam masyarakat, meningkatkan potensi fisik, membudayakan sikap sportif, membudayakan sikap disiplin, membudayakan sikap hidup sehat, .
  13. Mempunyai Kecakapan Akademik, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, menghubungkan variabel, merencanakan dan melakukan penelitian, Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
  14. Mempunyai Kecakapan Vokasional: keterampilan yang terkait dengan bidang pekerjaan/kejuruan, dan keterampilan menguasai teknologi informasi dan komunikasi, dan keterampilan merangkai alat.